Sanggar Tari

 

 
Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Tari,
   
 

di SMA Negeri 1 Peunaron, Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar tari telah berdiri kurang lebih sejak tahun pelajaran 2008/2009 dengan pembinanya Ibu Rahmawati, S.Pd, kegiatan ini dimaksudkan untuk menampung minat dan bakat siswa/siswi yang berminat dalam bidang seni tari. Kegiatan sanggar tari merupakan kegiatan yang bisa mengembangkan kebudayaan seni budaya daerah karena dalam sanggar tari siswa/siswi di beri keterampilan seni tari budaya daerah.

PICT0898.JPGKegiatan sanggar tari ini bertujuan untuk mendidik siswa/siswi agar dapat melestarikan budaya daerahnya. disamping itu juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah. kebanyakan penduduk didaerah peunaron adalah suku gayo, sehingga dalam kegiatan sanggar tari dikembangkan tari saman untuk pria dan tari emun untuk putri, disamping itu juga ada tarian Aceh.

Kegiatan sanggar tari ini sering dipakai pada saat acara perpisahan sekolah, disamping itu juga terkadang dipanggil oleh dinas pendidikan untuk mengisi acara hari pendidikan daerah.

Adapun pelaksanaan kegiatan sangar tari ini dilaksanakan setiap hari Sabtu namun tidak sercara rutin setiap minggunya, dan mengingat siswa/siswi sudah mempunyai keahlian bawaan dari keluarga dan masyarakatnya tentang seni tari daerahnya sehingga pada saat latihan, guru pembimbing hanya mengawasi pelaksanaan kegiatan tari dan disamping itu juga memberi motivasi pada para siswa untuk tetap semangat dalam kegiatan sanggar tari.

mudah-mudahan kegiatan ekstrakurikuler terus eksis di SMA Negeri 1 Peunaron, sehingga bisa membawa nama baik sekolah dan derahnya.