Ekstrakurikuler ROHIS

 

 
 
Selayang pandang tentang ROHIS
   
 

Rohis atau lebih dikenal dengan Rohani Islam adalah sebuah kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan pengembangan diri siswa dalam bidang ke agamaan, kegiatan ini telah diadakan sejak pertengahan tahun 1997.

 

Adapun tujuan dari Rohis adalah menampung minat dan bakat siswa dalam bidang ke agamaan. Jadi dengan adanya Rohis SMA kita dapat disetarakan dengan Madrasah Aliyah.

Kegiatan Rohis diadakan setiap hari jum’at untuk putri dan setiap hari rabu untuk putra, anggota dari kegiatan ini memang tidak sebanyak pengikur kegiatan PMR, namun mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini setiap minggunya.

 

Bapak Abdul Mu’in, S.Pd.i selaku pembina ROHIS mengatakan akan tetap istiqomah untuk melaksanakan kegiatan ROHIS di SMA Negeri 1 Peunaron, karena dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi dampak kenakalan remaja dan bisa membentuk kader bangsa yang tidak hanya memiliki IPTEK tetapi juga IMTAQ.

   
   
   
Galeri Kegiatan ROHIS
   
 

 

PICT0663.JPGBapak Tgk. Mas’ud ketua Majelis Persatuan Ulama (MPU) Kecamatan Peunaron, Sedang menjelaskan tentang etika pergulan remaja dalam Islam, disamping itu juga beliau membahas tentang beberapa Qanun Aceh yang melarang putra – putri yang bukan muhrimnya berkhalawat, serta beliau juga membahas tentang sanksi-sanksi / hukuman dalam Qonun Aceh bagi putra – putri yang berkhalawat atau berzina.

 

 

PICT0673.JPG

Disamping Tausiah keagamaan, ada juga permainan game simulasi yang bermanfaat, agar peserta ROHIS tidak jenuh mengikuti kegiatan ini,

Gambar disampng Salah seorang siswa sedang melakukan simulasi game inquiri kata. Yang mana  seorang siswa mengambil sebuah kertas yang teracak lalu menjawab pertanyaan tutor dengan bantuan  potongan kata dari kertas yang diambilnya.

 

 

 

PICT0671.JPGBapak Abdul mu’in selaku pembina Kegiatan ROHIS SMA Negeri 1 Peunaron, sedang memberi semangat pada siswa-siswa untuk tetap istiqomah dalam mengikuti kegiatan rohis, disamping itu juga beliau mengingatkan pada siswa agar ikhlas dalam mengikuti kegiatan rohis ini, karena hanya dengan keikhlasan akan menjadikan kegiatan ini sebagai ladang pahala bagi para pesertanya.

 

 

PICT0704.JPG

 

Dalam kegiatan ini juga diadakan kegiatan sholat dzuhur dan sholat ashar secara berjama’ah, dan setelah itu  diadakan membaca al-qur’an secara peribadi.